Rabu, 09 Agustus 2023

Kepala Bandara Aroepala Selayar : Bandara Selayar Melayani Penerbangan Rute Makassar ke Selayar

Tags



Nuansa Terkini Selayar, - Bandara Udara Haji Aroepala adalah Bandar Udara yang terletak di Pulau Selayar, tepatnya di Desa Bontosunggu, Kecamatan Bontoharu. Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Bandara tersebut di gagas oleh Bupati Dr.H.M. Akib Patta dan diresmikan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Bapak Agum Gumelar Pada Tahun 2000. Tahun 2016 rencananya landasan pacu di Bandara Udara itu akan diperpanjang menjadi 2.601 meter.


Saat di konfirmasi Anas La Bakara Kepala Bandara Aroepala Selayar mengatakan Bandara Selayar saat ini melayani penerbangan rute Makassar ke Selayar dengan pesawat jenis Jet 400, kapasitas 17 seat. 


Sehingga memberikan kemudahan kepada wisatawan domestik atau mancanegara. Untuk mengakses spot2 wisata laut yang ada di Selayar, seperti Takabonerate dengan keindahan trumbukarangnya, Pantai Liangkareta, Pantai Selayar, Pulau Gusung, Kampung Penyu, Pulau Bahuluang, perkampungan Tua Bitombang, Hutan Bakau Matalalang, Gua Boloiya,  dan tempat lainnya. 


Bandara akan menjadi akses terbaik untuk ke Selayar. Adapun jenis pesawat yang bisa mendarat sejenis atr 72 jenis propeler dan comac arj 21-700 jenis jet.


Diharapkan kedepannya dapat didarati pesawat yang lebih besar sekelas bombardir atau pesawat comac arj 21-700 kapasitas kapasitas 95 penumpang dengan rute Makasar - Selayar - Denpasar.  (Ryan).