Rabu, 03 Juli 2024

Camat Panakkukang Buka Agenda Publik Speaking

Tags



Nuansa Terkini Makassar, – Camat Panakkukang M Ari Fadli membuka agenda publik speking, dalam rangka pelaksanaan aksi Perubahan D’KRINGS yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Panakkukang, Rabu (3/7/2024).


Ari nama karibnya mengatakan, peserta pelatihan merupakan perwakilan dari tiap kecamatan di Kota Makassar, ini dilakukan guna meningkatkan SDM.


“Kegiatan siang ini dapat memberi manfaat bagi semua peserta dan mampu meningkatkan kemampuan dalam praktik public speaking, karena sangat dibutuhkan dalam berkomunikasi,” katanya.


Selain itu, dapat membangun personal branding bagi para peserta, terutama bagi pegawai yang berhadapan langsung dengan masyarakat dan yang berniat untuk membangun UMKM.


Sementara itu, narasumber Nurwahyuni Zain menjelaskan, dalam diri setiap individu memiliki beberapa ketakukan, posisi tertinggi ditempati oleh takut berbicara didepan umum dengan angka 4 5%, ketinggian 27 %.


“Selebihnya ada binatang 13,5 %, tenggelam 10,5 % dan kegelapan 5,4 %, jadi tentu saja belajar berkomunikasi sangatlah penting,” ujarnya.


Dengan belajar berkomunikasi, seseorang bisa meningkatkan dirinya hingga 50 % dibandingkan tanpa berkomunikasi.


Menurutnya, public speaking merupakan seni berbicara di depan umum untuk menyampaikan pesan dengan teknik-teknik tertentu.


“Sehingga untuk menghasilkan public speaking yang baik tentu kita memiliki tehnik dalam penyampaiannya,” jelasnya.


Teknik-teknik yang diperlukan, saat melakukan public speaking di antaranya percaya diri, mindset yang benar, rileks dan ekspresi wajah.


“Tentu saja membutuhkan kontak mata, bicara dengan jelas, kenali bahasa tubuh dan tentunya praktek,” tandasnya.