Kamis, 25 Juli 2024

Kepsek UPT SPF SMP Negeri 50 Makassar Menerapkan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an

Tags



Nuansa Terkini Makassar, -  Kepala Sekolah UPT SPF SMP Negeri 50  Makassar Abdul Asiz Hasan, S.Pd,MM saat dikonfirmasi oleh awak media online nuansa terkini media di ruangannya Jl. Tentara Pelajar. Dengan ramah mengatakan bahwa sekolah UPT SPF SMP Negeri 50 Makassar mempunyai siswa sekitar 500 siswa, ada 7 rombel dan sudah akreditasi B dan Siswa belajar penghapalan Al-Qur'an minimal  jus 30, setiap hari melakukan sholat duha, karena masih banyak siswa yang tidak tau baca Al- Quran.Rabu (24/7/2024).


Tahun pelajaran 2023/2024 UPT SPF SMPN 50 Mksr telah menargetkan siswa Tamat hrs hafal sdh hafal Juz 30. Untuk Tahun Pelajaran 2024/2025 program Tahfidz ditingkatkan targetnya yakni sebelum Naik kelas IX sdh harus hafal Juz 30.


Bahkan Tahun Pelajaran 2024/2025 akan dibentuk Kelas Tahfidz bagi siswa yang sudah lancar baca qur'an dan Kelas Iqra bagi siswa yang belum tahu sama sekali baca Al Qur'an.


UPT SPF SMPN 50 Makassar sejak beroperasi tahun 2019 (hasil regrouping dari SDN 25 Melayu) telah menamatkan 3 Angkatan Alumni yakni :Alumni Angkatan .1 Tahun.2022, Angkatn.ke 2 Tahun 2023 dan Alumni Angkatam .ke 3 2024.


Untuk itu, Sekolah UPT SPF SMP Negeri 50 Makassar menerapkan karakter building  program walikota Makassar. Yang dilaksanakan di mesjid Nurul Hasanah. Jika ada siswa yang bolos maka akan disuruh oleh gurunya untuk mengaji selama tiga hari, jika siswa bolos selama dua hari makaharus harus  mengaji selama tujuh hari. Hal tersebut dilakukan agar siswa tidak bolos lagi.

 

"Saya panggil orang tuanya dan menyampaikan kepada orang tua siswa apakah anaknya mau dibina di rumah atau dibina disini kalau disekolah sepuluh hari dia dari pagi sampai sore mengajii di mesjid Nurul Hasanah dengan itu perubahan mentalnya, anak bisa berubah dan ada hasil pelajaran nya berbuah baik.  tadinya tidak tau baca Al-Qur'an. Bisa  membaca Al-Qur'an tadi kami lakukan disini, memang di sekolah ini nuansa pesantren. Jadi kita di sekolah negeri yang belajar bahasa arab dari awal,"kata Abdul Asiz Hasan.


Menurutnya sudah 3 tahun di sekolah UPT SMP Negeri 50 Makassar, mengajar tahfidz Al-Qur'an. Siswa harus mengetahui dua puluh surah. Kelas X di tambah kan hafalannya, hal itu dilakukan agar siswa rajin menghafal Al-Quran.


"Kalau tidak ada target untuk  menghafal Al-Qur'an maka siswa idak bisa  menghafal Al-Qur'an, maka siswa. Harus capai target, harus ada komunikasi, Jika ada siswa yang melanggar harus membuat pernyataan diatas kertas matera, selain sholat nya di perbaiki tambah hafalannya," ujarnya.


Sekolah UPT SPF SMP Negeri 50 Makassar mengadakan lomba tahfidz Al-Qur'an secara intenal, siswa laki-laki menghafal jus 30 dan .menghafal beberapa surah lalu di kembangkan.


"Kami berharap kepada masyarakat khususnya masyarakat Wajo, Bontoala kemudian makassar dan  sebagainya bisa memanfaatkan ini sekolah, semua sekolah sama karena sama-sama negeri dan ada sekitar 80% siswa UPT SMP Negeri 50 Makassar lulus ke SMA Negeri Makassar,"jelasnya. (**).