Senin, 19 Agustus 2024

Kasat Lantas Polres Takalar Jadi Irup di Sekolah, Ajak Siswa Tertib Dalam Berlalu Lintas

Tags


Nuansa Terkini Makassar,- Pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera di SMK Negeri 3 Takalar, pada Senin, (19/08/24) nampak berbeda dari upacara sebelumnya.


Upacara kali ini di pimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Takalar IPTU H. Sukri Liwang, S.Sos., MH selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam kegiatan tersebut.


Kedatangan Polantas ini kesekolah dalam rangka memberikan sosialisasi tentang pentingnya disiplin dan tertib berlalu lintas kepada para pelajar. Bukan hanya aturan yang harus dipatuhi, tapi juga sebuah sikap dan nilai nilai yang harus dianut dalam setiap perjalanan di jalan raya.


“mematuhi peraturan dan rambu rambu, serta disiplin dalam berlalu lintas. Saya berharap anak-anakku siswa-siswi SMKN 3 dapat menjadi contoh dan pelopor ketertiban dan disiplin berlalu lintas”, ujar Kasat Lantas saat memberikan amanat.


Perwira kelahiran Takalar ini juga menjelaskan tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengendarai kendaraan, diantaranya :


1. Pastikan kondisi badan sedang sehat baik jasmani dan rohani. 

2. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan layak untuk dikendarai.

3. Pastikan kelengkapsn surat-surat dalam berkendara yaitu SIM dan STNK. 

4. Pastikan menggunakan helm standar SNI, baik untuk pengendara maupun yang dibonceng bagi pengendara sepeda motor, dan menggunakan Savety Belt bagi pengendara roda 4.

5. Perhatikan dan patuhi rambu-rambu yang ada.

6. Hargai pengguna jalan lainnya.

7. Berdoa sebelum berkendara.


“Keselamatan dan kenyamanan seluruh pengguna jalan raya tergantung pada sejauh mana kita patuh terhadap rambu lalulintas. Kedisiplinan dalam berlalu lintas tidak hanya mengurangi risiko kecelakaan, tetapi juga menciptakan lingkungan jalan yang lebih aman dan tertib bagi semua orang”, pungkas IPTU H. Sukri Liwang.