Senin, 09 September 2024

Police Go To School, Kasat Lantas Polres Takalar Sampaikan Pentingnya Tertib Berlalu Lintas

Tags

 


Nuansa Terkini Makassar,- Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas di kalangan Pelajar/Mahasiswa, Kasat Lantas Polres Takalar jajaran Polda Sulsel, IPTU H. Sukri Liwang, S.Sos., MH beserta jajaran, melaksanakan kegiatan "Police Go to School" dengan menyambangi Kampus Stikes Tanawali Persada, Kabupaten Takalar.  Senin (09/09/2024) pagi.


Kedatangan pemimpin satuan Lalu Lintas Polres Takalar ini untuk memberikan sosialisasi kepada Mahasiswa/(i) tentang pentingnya tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama. 


Beliau menyampaikan bahwa setiap individu yang berada di jalan raya memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan diri sendiri dan orang lain.


"Berlalu lintas bukan hanya sekadar aturan yang harus dipatuhi, tetapi juga kewajiban untuk melindungi nyawa dan harta benda kita. Dengan mematuhi aturan dan menghargai sesama pengguna jalan, kita berkontribusi dalam mewujudkan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman, tertib, dan harmonis," ujarnya.


Lebih lanjut, pria kelahiran Takalar ini mengajak seluruh Mahasiswa dan Mahasiswi Stikes Tanawali Persada untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terkecil di keluarga. 


Ia menekankan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas, beretika, dan menghormati hak-hak pengguna jalan lain. Selain itu, ia juga mengingatkan agar para pelajar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ini yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) tidak mengendarai motor sendiri, melainkan meminta bantuan orang tua untuk mengantar dan menjemput mereka di sekolah.


Selain itu, Kasat Lantas juga mengimbau agar selalu menggunakan Helm SNI jika mengendarai sepeda motor, tidak ugal-ugalan ketika berkendara, dan tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis, tidak menggunakan sepeda listrik dijalan raya, serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas guna terhindar dari resiko kecelakaan.


Di akhir amanatnya, IPTU H. Sukri Liwang memberikan beberapa penekanan penting kepada para siswa, di antaranya untuk berbakti kepada orang tua dan guru, beribadah, belajar dengan sungguh-sungguh, disiplin, serta bijak dalam menggunakan media sosial. 


Ia juga mengingatkan untuk menghindari perilaku kriminal, termasuk penyalahgunaan narkoba dan seks bebas.


Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pelajar akan pentingnya tertib berlalu lintas dan mencegah perilaku negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.