Kamis, 03 Oktober 2024

Digitalisasi Transaksi di Kota Makassar, Bapenda hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2024

Tags



Nuansa Terkini Makassar, -Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) sekaligus PJ. Sekda Kota Makassar, Firman Pagarra bersama Sekretaris Badan Pendapatan Daerah, Fuad Affandi menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.


Acara yang berlangsung pada Senin, 23 September 2024, di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta mengusung tema “ Digitalisasi Transaksi Pemda untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah”. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menko Perekonomian RI, Dr. Ir. Airlangga Hartarto yang juga selaku Ketua Satgas P2DD, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Gubernur BI, Perry Warjiyo.




Kegiatan ini bertujuan untuk membahas strategi dan langkah-langkah digitalisasi guna meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan daerah. Dalam rapat tersebut, Firman Pagarra bersama para pejabat dari berbagai daerah lainnya turut serta merumuskan kebijakan untuk mendukung percepatan digitalisasi di sektor pemerintahan.


“Tiga tahun terakhir ini Kota Makassar terus mendapat posisi strategis dalam digitalisasi. Apalagi tahun lalu mendapat penghargaan TP2DD 2023 sebagai Kota Terbaik lewat aplikasi PAKINTA. Ini membuktikan Kota Makassar terus berbenah mewujudkan digitalisasi transaksi di masyarakat,” ucap Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar


Digitalisasi ini diharapkan mampu memperkuat sistem ekonomi daerah, meningkatkan transparansi, serta mendorong pendapatan daerah yang lebih optimal.