Senin, 07 Oktober 2024

Kerahkan Spider Excavator dan Dump Truk Bersihkan Saluran Sekunder

Tags



Nuansa Terkini Makassar, - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar membersihkan saluran sekunder di depan Palang Merah Indonesia (PMI) atau RS Dadi, Kecamatan Mamajang dengan spider excavator dan empat dump truk, Senin (09/9/2024).

"Jadi kegiatan ini adalah kolaborasi bersama dengan Kecamatan Mamajang dan Dinas PU Makassar melakukan kegiatan normalisasi saluran di depan RS Dadi," ujar Kadis PU Makassar, Zuhaelsi Zubir , Selasa (10/9/2024).

Normalisasi saluran ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap potensi banjir akibat tersumbatnya aliran air oleh sedimen.

Normalisasi saluran ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap potensi banjir akibat tersumbatnya aliran air oleh sedimen.

"Sebelum kita lakukan normalisasi saya mengerahkan PPTK Satgas Drainase Dinas PU Makassar dalam hal ini pak Ronny Narra untuk melakukan pengecekan dan melihat situasi dan kondisi di lapangan guna mengetahui tindakan seperti apa yang akan dilakukan," ungkap Zuhaelsi Zubir.

Zuhaelsi Zubir menjelaskan jika setelah menerima laporan dari PPTK Satgas Drainase, dirinya langsung memberikan petunjuk agar mengerahkan unit spider excavator dan dump truk melakukan normalisasi.

"Setelah menerima laporan terkait kondisi di lokasi tersebut, kita langsung mengerahkan unit spider excavator dan unit dump truk guna langsung melakukan pekerjaan normalisasi," ucap Zuhaelsi Zubir.

Sementara itu Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Satgas Drainase Dinas PU Makassar, Ronny Narra menjelaskan jika kegiatan ini adalah kolaborasi bersama menjaga saluran sekunder tetap bersih.

"Kegiatan ini adalah permohonan dari Kecamatan Mamajang, dan kami berkolaborasi bersama membersihkan saluran sekunder di depan PMI dan RS Dadi," ungkap Ronny Narra 

Ronny Narra mengungkapkan jika kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi musim hujan yang bisa saja menimbulkan genangan air atau banjir akibat sedimen di saluran tersebut.

"Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi musin hujan yang bisa menimbulkan genangan air atau banjir akibat tersumbat akibat adanya sedimen," ungkap Ronny.

"Setelah kita laporkan kepada Ibu Kadis (Zuhaelsi Zubir) kita mendapat arahan jika akan memakai atau menurunkan alat spider excavator dengan empat dump truk untuk normalisasi saluran sekunder tersebut," tutup Ronny.