Kamis, 14 Desember 2017

Walikota Makassar Terpilih Sebagai Ketua Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi)

Tags


Nuansa Terkini Makassar— WaIi Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) dalam City Sanitation Summit (CSS) XVII dan Munas Akkopsi 2017 yang berlangsung di Makassar, 11-13 Desember.

Tepilihnya Danny tak lepas dari Kota Makassar sebagai kota yang sangat peduli sanitasi. Ini terbukti dengan meraih beberapa kali penghargaan termasuk Makassar menyabet penghargaan Sanipura Award 2016.

Dengan menjadi ketua selama empat tahun ke depan, lanjut Danny, Makassar tentu mendapatkan beberapa keuntungan.

” Mohon bimbingan amanah ini saya dan teman-teman perlu banyak belajar, Amanah ini saya akan jalankan sebaik-baiknya,” ucap Danny, Selasa (12/12/17).

Kata dia, Tantangan kedepan begitu berat namun ia yakin keberhasilan memberi sebuah tanda optimisme.

Ia pun berharap kedepan aliansi ini menjadi aliansi kuat menjalankan tugas masing-masing di Kotanya dan membentuk jaringan baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

CSS XVII dan Munas Akkopsi diikuti 800 Kepala Daerah Kabupaten/Kota untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pembangunan di daerahnya masing-masing terutama pada bidang penataan sanitasi.

Kepala Bappeda Kota Makassar A. H. Iriani. R menambahkan bahwa  terkait Badan Lingkungan Hidup. Kalau sanitasi kota itu bagus semua, apalagi ini mengarah ke Kota Dunia, sekarang ini kita mencegah penyakit yang berbasis lingkungan, kalau sanitasinya buruk air nya kotor walaupun gratis ngapain sakit.

 Akopsi Nasional aliansi Kabupaten Kota Bersanitasi, berharap itu harus Universal akses itu tercapai 2019.  Maka dari itu 2 tahun harus tercapai  harus optimis, setiap tahun  kita penganggaran  dan sektor sanitasi juga jelas. Ujarnya

Langkah kedepan  mengenai Perencanaan Tehnis, SKPD  Tehnis berupaya bagaimana Universal akses itu tercapai, di rangkum pada masing-masing SKPD, langkahnya setiap tahun  berusaha akses  dengan sanitasi yang baik,  tidak buang air besar sembarangan,  itu setiap tahun kita lakukan sampai  semuanya mendapatkan jamban warga yang sehat.

" Dengan waktu yang singkat kita bisa merubah Makassar, jadi lebih baik sanitasinya dalam waktu singkat, kita berharap berhasil semua Program yang di laksanakan ". Terangnya (Lhena)

Editor | Nuansa Terkini.Net | Dina