Rabu, 13 Februari 2019

Tags

Tim Commad Sense Survey LPPD Kementerian Dalam Negeri  : Makassar Masuk 10 Besar Secara Nasional Dalam Hal Pelayanan Publik

Nuansa Terkini Makassar- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menerima kunjungan Tim Commad Sense Survey LPPD Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Kantor Balaikota, Jalan Achmad Yani Makassar, Rabu 13 Februari 2019.

Rombongan Kemendagri diterima langsung oleh Wali Kota Makassar, Mochamad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Danny mengajak rombongan Kemendagri meninjau langsung suasana kerja di sekitar kantor Balaikota. Dalam kesempatan itu, Danny mengenalkan war room dan juga PTSP Bintang Lima yang baru saja mulai beroperasi pada Selasa 12 Februari kemarin.

Usai meninjau ruangan War Room di lantai 10 dan PTSP Bintang Lima, Anggota Tim Command Sense Survey LPDP Kemendagri, Drajad Wisnu memberikan keterangan kepada awak media.

Drajad mengatakan bahwa pihaknya datang langsung ke Makassar untuk menyaksikan inovasi-inovasi yang telah dilakukan Pemkot. Tujuannya, untuk memberikan penilaian secara objektif kemudian melaporkannya ke pusat.

“Kita sudah melakukan survey sebelumnya di Makassar. Dan tiga tahun berturut-turut Kota Makassar ini masuk 10 besar secara nasional dalam hal pelayanan publik yang sangat baik, maju, inovatif dan memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Drajad menambahkan, pihaknya pun sangat yakin Pemkot Makassar layak kembali menerima penghargaan karena kinerja pelayanan publik yang terus melakukan inovasi. Seperti apa yang ia saksikan bersama rombongannya pagi tadi di PTSP Bintang Lima.

“Kita melihat kota Makassar ini kota dunia, bukan hal yang gampang tiga tahun berturut-turut Makassar mempertahankan penghargaan pelayanan publik ini, dan ini manfaatnya untuk warga,” sambungnya.

Sementara, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto mengatakan, Pemkot Makassar merancang sistem pelayanan publik untuk menjawab persoalan warga. Ia pun bersyukur, pihak Kemendagri bersedia datang menyaksikan secara langsung pelayanan publik Pemkot. Menurut Danny, dengan menyaksikan langsung pelayanan publik di Makassar maka pihak Kemendagri tidak akan terdapat lagi keraguan mengenai Smart City Makassar.

“Kalau masyarakat puas, itu sudah menjadi kepuasan bagi kami. Kami juga memiliki standar, ukuran dan ini semua didahului dengan mendegar masukan warga, dengan sistem yang ITnya bagus,” kata Danny.

Pihak Kemendagri pun, kata Danny, akan langsung meninjau lorong-lorong yang ada di Makassar dan mempersilahkan mereka menanyakan langsung ke warga mengenai pelayanan publik di Makassar.

“Kami ingin keterbukaan dan transparansi. Dan ini jadi semangat kami menjalankan pemerintahan. Kita butuh juga saran dan kritikan warga,” demikian Danny menjelaskan.

Di tempat yang sama, salah seorang warga Kecamatan Panakkukang yang sementara mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumahnya, Ibu Andri saat ditemui mengatakan dirinya sangat takjub melihat perkembangan pelayanan publik PTSP Bintang Lima yang kini berpindah kantor ke Kantor Balaikota. Ia berharap, pihak Pemkot selalu meningkatkan kinerjanya.