Selasa, 06 Agustus 2024

Anggota DPRD Makassar Ari Ashari Memberikan Pelatihan Teknologi Terkait Artificial Intelligence

Tags



Nuansa Terkini Makassar, - Aggota DPRD Kota Makassar, Ari Ashari Ilham memandang perlu Pemerintah Kota Makassar memberikan pelatihan-pelatihan teknologi khususnya terkait artificial intelligence (AI) kepada jajarannya.


Menurut Ari Ashari yang juga Ketua Fraksi Nasdem, saat ini Pemkot Makassar sudah menggunakan AI atau kecerdasan buatan namun baru sebatas tools.


“Pemkot selama ini sudah menggunakan AI namun tidak dalam hal pengambilan keputusan, hanya sebatas tools,” kata Ari saat tampil sebagai salah satu nara sumber dalam diskusi publik bertemakan Artificial Intelligence Dalam Transformasi Pemerintah dan Pilkada, yang digelar Sekretariat DPRD Kota Makassar, di Hotel Aston, Senin (5/8/2024).


Karena itu lanjut Ari, Pemkot Makassar perlu melakukan pelatihan-pelatihan untuk mempersiapkan SDM, “Saya perkirakan saat ini baru sekira 30 persen yang paham soal ini (red- AI),” ujarnya.


Sementara itu Kepala Bappeda Kota Makassar, A. Zulkifly, mengungkapkan transformasi digital sudah masuk dalam perencanaan jangka panjang 20 tahun ke depan Kota Makassar.


Kendati demikian Zulkifly mengakui Makassar sejak 2014 sudah menerapkan digitalisasi melalui program Smart City terutama dalam bidang pelayanan publik antara lain pembayaran pajak.