Sabtu, 10 Agustus 2024

Ketua TP PKK Makassar Tinjau dan Apresiasi Lorong Wisata Barcelona dan Situbal Sipakalebbi

Tags

 


Nuansa Terkini Makassar, -  Kunjungan ini bertujuan untuk memantau perkembangan dan potensi yang ada di Longwis Barcelona dan Situbal Sipakalebbi. Termasuk program yang digodok setiap Pokja TP PKK sebagai sinergitas terhadap Pemerintah Kota. 


Kunjungan pertama dilakukan di Longwis Barcelona yang terletak di Kelurahan Baraya, Kecamatan Bontoala. Setelah itu, Indira melanjutkan kunjungannya ke Longwis Situbal Sipakalebbi di Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini. 


Indira disambut hangat oleh warga dan melihat langsung berbagai inovasi yang telah dilakukan, termasuk pengembangan produk-produk UMKM dan Fasilitas Longwis. 


Seperti suasana lorong yang bisa jadi tempat bermain anak-anak, penghijauan lorong dengan tanaman, hingga sejumlah spot foto yang menarik.


Indira juga mengapresiasi upaya warga dalam menjaga kebersihan dan keindahan lorong, serta berbagai inisiatif yang telah dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Pada sambutannya, Indira menyampaikan bahwa meskipun Longwis tersebut sudah cukup baik, masih diperlukan penataan dan penyempurnaan lebih lanjut. Ia menekankan pentingnya peningkatan UMKM dan kecerdasan anak-anak di lorong tersebut.


"Longwisnya sudah bagus, namun perlu kita tata lebih baik lagi, tentu harus terus kita sempurnakan. UMKM-nya bisa ditingkatkan, serta anak-anak di lorong harus cerdas," ujar Indira dengan semangat.


Indira merincikan, bahwa setiap lorong tentu punya potensi berbeda. Sehingga pengembangan dalam upaya penyempurnaan lorong harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.


Namun demkian, di kedua Longwis ini, Indira menekankan bahwa Kota Makassar yang telah dikenal sebagai kota dengan ragam kuliner enak 24 jam, harus memanfaatkan potensi ini dengan mengadakan UMKM kuliner di setiap lorong-lorong wisata. 


Selain itu, Indira menekankan pentingnya kerja sama dan keinginan belajar untuk bisa bersatu mengantar Makassar menjadi kota terbaik. Ia mengajak seluruh pihak untuk menjadikan Longwis masing-masing sebagai lorong andalan di setiap kecamatan. 


Indira juga berpesan agar setiap warga berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan keindahan lorong, serta terus mengembangkan potensi yang ada untuk kemajuan bersama.


"Dari situ, kita membentuk kebersamaan sehingga bisa saling kompak dalam menata kehidupan di lorong," pungkas Indira.


Indira berharap kunjungan ini dapat memotivasi warga untuk terus berinovasi dan berkreasi, sehingga Lorong Wisata dapat menjadi ikon dan ruang-ruang kegiatan ekonomi kreatif yang membanggakan bagi Kota Makassar.(*)