Senin, 05 Agustus 2024

Polres Takalar Gelar Simulasi Sispamkota Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024

Tags

 


NuansaTerkini Makassar, - Jelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, Polres Takalar Polda Sulsel gelar sejumlah persiapan. Salah satunya simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota).


Simulasi sistem pengamanan digelar di jalan Ashar Daeng Mangung atau di depan kantor KPU Kabupaten Takalar. Senin pagi, 05 Agustus 2024.


Kegiatan Sistem Pengamanan Kota Polres Takalar dilaksanakan guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 di wilayah hukum Polres Takalar.


Skenario terburuk dilatihkan dalam simulasi ini berupa terjadinya chaos dan anarkisme oleh massa pendukung salah satu bakal calon dan dilakukannya penegakan hukum oleh aparat Kepolisian dari Polres Takalar


Kapolres Takalar AKBP Gotam Hidayat, S.I.K., M.Si melalui Kabag Ops Kompol Idrus menjelaskan bahwa gambaran ini merupakan gambaran situasi tiruan yang mungkin terjadi dan akan dihadapi dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak tahun 2024. 


Diharapkan semua personil Polres Takalar bisa memahami protap yang harus dilakukan secara tegas dan terukur berdasarkan undang-undang bila dikemudian hari terjadi kejadian serupa.


“Kita semua berharap semoga kejadian yang tergambar pada latihan ini kedepannya tidak terjadi, saat ini masih ada waktu untuk kita terus melakukan upaya-upaya preemtif dan preventif. Namun demikian kita tidak boleh underestimate untuk tidak bersiap dengan segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.” Ujar Kabag Ops.