Selasa, 06 Agustus 2024

Polres Takalar Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Pallawa 2024-2025

Tags

 


Nuansa Terkini Makassar, - Dalam rangka kesiapan menghadapi Pemilukada 2024, Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Takalar, Polres Takalar melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Pallawa 2024-2025, di Lapangan H. Makkatang Daeng Sibali, Selasa (6/8/2024).


Apel gelar pasukan ini melibatkan personil gabungan Polres Takalar, Kodim 1426 Takalar, Sub Den POM. Apel ini juga melibatkan unsur Pemerintah Kabupaten Takalar, antara lain Sat Pol PP, Dishub, Damkar, BPBD, Dinas Kesehatan, dan Senkom, serta penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu Takalar.


Dalam kegiatan tersebut, hadir pula dari jajaran Forkopimda Takalar diantaranya PJ. Bupati Takalar Setiawan Aswad, M. Dev., P.Lg, Dandim 1426 Letkol Kav Nanang Sudjatmiko, M.Han, Ketua DPRD Darwis Sijaya, Kajari Takalar Tenri Waru, SH., MH, Ketua PN Takalar Tri Agus Purwanto, SH., MH, Kasub Den POM Lettu Jamalauddin, serta Ketua KPU Takalar Hamdani Pattiha dan Ketua Bawaslu Nellyati, S.Hum., MH, serta para kepala OPD Kabupaten Takalar.


Apel gelar pasukan dirangkaikan dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita operasi kepada perwakilan pelaksana operasi, sekaligus menjadi penanda kesiapan Polres Takalar bersama seluruh pihak terkait dan elemen yang terlibat ikut serta mengamankan jalannya pesta Demokrasi Pilkada 2024 di Kabupaten Takalar.


Kapolres Takalar AKBP Gotam Hidayat, S.I.K., M.Si dalam amanatnya mengatakan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana dan prasarana operasi “Mantap Praja Pallawa 2024-2025”.


“Operasi Kepolisian ini bertujuan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Takalar yang merupakan bagian dari tanggung jawab kita sebagai aparat keamanan untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian proses Demokrasi berjalan dengan aman, tertib dan lancar”, ujar Kapolres .


Lanjutnya, Polres Takalar didukung TNi, instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Praja Pallawa 2024-2025 dilaksanakan selama 127 hari, terhitung mulai tanggal 12 Agustus 2024 sampai dengan 16 Desember 2024 dengan melibatkan 345 orang personel di seluruh wilayah Polres Takalar.


Kapolres menambahkan, sebagai dukungan terhadap pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Takalar, Polres Takalar telah menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) Cooling System untuk mengantisipasi Polarisasi akibat berita Hoaks, Isu SARA, Propaganda dan Black Campaign, serta gangguan Kamtibmas lainnya menjelang pelaksanaan tahapan inti Pilkada.


Apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Pallawa 2024 diakhiri dengan  Show Of Force dan Patroli Bersama personil pengamanan yang disertai dengan sarana prasarana randis TNI-Polri dan instansi terkait.