Jumat, 13 September 2024

Satpol PP Makassar Ikuti Giat Bakti Sosial Donor Darah

Tags



Nuansa Terkini Makassar, - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar mengikuti kegiatan donor darah di Kantor Balaikota yang diadakan oleh PMI Kota Makassar, Selasa (10/09/2024).


Plt. Kasatpol PP Makassar Hasanuddin, S.STP., M.Si., mengatakan, puluhan personel dan pejabat lingkup Satpol PP berpartisipasi pada giat ini.


Kami mengadakan kegiatan ini untuk membantu stok darah yang cukup, sehingga ketika dibutuhkan segera bisa tersedia. Ini juga bentuk kepedulian kami ke sesama.


Donor darah ini sebagai salah satu wujud solidaritas dan rasa empati yang bisa kita berikan.


"Nantinya darah yang kita donorkan dapat menjadi penyambung hidup bagi mereka yang membutuhkan," ucap Hasanuddin.


Untuk diketahui, Donor darah adalah kegiatan menyumbangkan darah secara sukarela untuk kepentingan orang lain yang membutuhkan.


Darah yang disumbangkan akan disimpan di bank darah untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang mengalami kecelakaan, operasi, penyakit kronis, dan keadaan darurat lainnya.



Donor darah memiliki beberapa manfaat, di antaranya: Menyelamatkan nyawa orang lain, Meningkatkan rasa kebersamaan, Meningkatkan produksi sel darah merah, Menjaga kesehatan jantung, Menurunkan risiko kanker.


Donor darah dilakukan di bank darah atau pusat donor darah dan berada di bawah pengawasan Palang Merah Indonesia (PMI). Namun, tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.