Kamis, 26 September 2024

Sekretaris DPRD Kota Makassar Dahyal Harap Pembentukan Fraksi Bisa Rampung dalam Sebulan

Tags


Nuansa Terkini Makassar – Sekretaris DPRD Kota Makassar, Dahyal berharap pembentukan fraksi bisa rampung dalam waktu sebulan. Hal itu mengingat sejumlah agenda penting menanti wakil rakyat periode 2024-2029 yang baru saja dilantik.

Dahyal mengatakan, 2 pimpinan sementara yakni ketua Supratman dari Nasdem dan wakil ketua Andi Suharmika mewakili Golkar akan bertugas menjalankan rapat-rapat.

“Jadi yang penting ini (pasca pelantikan) adalah pertama fraksi dulu dibentuk. Setelah fraksi terbentuk, ada beberapa yang harus diselesaikan yakni bagaimana menyiapkan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib,” jelas Dahyal kepada wartawan, Rabu, 11 September 2024.

Pembahasan tata tertib ini akan diselesaikan oleh pimpinan DPRD Makassar sementara sebelum pimpinan definitif ditetapkan yang berjumlah empat orang.

“Tata tertib itu penting, kenapa? Karena ada PP nomor12 yang baru, sehingga harus ada beberapa tata tertib yang berubah,’ ujar Dahyal.

“Ya butuh waktu satu bulan lah, satu bulan untuk fraksi. Kalau kita maunya semua jalan di satu bulan ini di September, kalau bisa selesai September, supaya bisa berjalan anggaran pokok karena ini mau dibahas di tahun 2025. Itu tugas pertamanya mereka bagi anggota dewan baru,” ungkapnya.

Dahyal melanjutkan, agenda terdekat bagi 50 legislator DPRD Makassar periode 2024-2029 ini adalah bimbingan teknis yang rencananya akan digelar di daerah refresentatif.

“Jadi semua kegiatan kedewanan itu nanti bisa dilakukan setelah orientasi (Bimtek). Dalam waktu dekat kami baru berkoordinasi dengan BPSDM Provinsi, karena untuk DPRD Kabupaten Kota itu dikoordinasikan pelaksanaan orientasinya oleh BPSDM Provinsi,” tutur Dahyal.